Minggu, 17 November 2019

Tutorial menghubungkan antara Visual Basic Web dengan MS. Word & Ms. Excel, Menggunakan Database MS. Acces ( UAS PEMROGRAMAN WEB 2 )

Selamat malam.
Selamat datang kembali di blog saya, dengan saya Ali Ridlo, sebelumnya saya ucapkan terimakasih bagi yang sudah mengunjungi blog saya,

Disni saya akan memberikan tutorial mengenai cara menghubungkan Visual Basic dengan Ms. Acces MS. Word & Excel
okee langsung pada prakteknya.

Langkah pertama yang kalian harus lakukan ialah menginstak Microsoft Visual Basic 2012 ( Karena ditutorial ini saya menggunakan versi yang 2012, jika kalian menggunakan versi tahun yang berbeda mungkin dicoba saja karena saya belum pernah menggunakan versi yang selain 2012.






langkah kedua setelah Aplikasi Visual basic di instal, lalu kalian klik " File - New - Project. Lalu akan tampil seperti halaman seperti ini:

Pilih Visual Basic - Web - ASP.Net Empty Web Aplication, Berikan nama Aplikasnya, Lalu Ok

Setelah itu akan muncul tampilan Design form, lalu design tersebut dibuat seperti contoh berikut:



 Setelah itu buka aplikasi MS. Acces sebagai Databasenya dan buatlah isi seperti berikut:


Setelah selesai membuat database, lanjut untuk membuat file Laporan menggunakan MS. Word,
Buka Aplikasi Ms. Wordnya lalu buatlah seperti digambar berikut:






Selanjutnya pergi ke INSERT lalu pilih Bookmark, isi bookmark sebagai berikut:


 Jika sudah, maka lanjut untuk membuat file laporan menggunakan MS. Excelnya, buka MS. Excel lalu buatlah table sebagai berikut:


Selanjutnya buka kembali Aplikasi Visual Studionya, lalu klik Menu Project - Add Reference, dan tambahkan library Excel & Wordnya, Seperti digambar berikut:


Selanjutnya Masukan Source Code seperti berikut:




Selanjutnya mengkoneksikan ke database dengan cara Pilih Menu Tools - Connect to Database, atau seperti gambar berikut:





Setelah sudah terkoneksi, mari kita Test Aplikasinya dengan mengklik tombol RUN, jika berhasil maka akan secara otomatis diarahkan ke web browser untuk menampilkan Aplikasi Biodata yang tadi sudah kita buat, lalu isi dan klik simpan mengetest apakah sudah tersimpan di database belum, seperti berikut:


Jika sudah tersimpan maka field MS. Acess akan bertambah seperti berikut:


Setelah berhasil mengetest database, selanjutnya mari kita test tombol laporan yang berbentuk Excel & Word, Jika berhasil maka masing masing tombol akan secara otomatis akan mengeluarkan output seperti berikut:

Hasil Laporan Excel



Hasil Laporan Word


jika berhasil, mari kita test tombol tambah, setelah di klik tombol tambah maka akan secara otomatis menghapus isi form di web yang sudah kita isi tadi, seperti berikut:







doneeee....

Selamat mencoba semoga berhasil, jika masih ada yang bingung bisa dituliskan dikolom komentar dibawah, share artikel ini jika menurut kalian ini bermanfaat, karna berbagi ilmu itu indah :)

Terimakasih sudah mengunjungi blog ini dan nantikan artikel yang lainnya yah..


Tidak ada komentar:

Posting Komentar